Jumat, 11 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : Pengertian Keyboard


Keyboard (papan tombol) adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan kea lat proses dengan mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard. Keyboard sebagai alat input langsung, biasnya didampingi dengan suatu tampilan (display) yang akan menampilkan apa yang ditekan di keyboard. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal. Beberapa alat input langsung yang mempergunakan keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah teleprinter terminal, financial transaction termina, point of sale terminal dan visual display terminal.

Keyboard merupakan unit input yang paling banyak digunakan dari suatu terminal atau komputer multimedia. Dua bentuk dasar dari keyboard, yaitu Alphanumeric Keyboard dan Special-Function Keyboard.
Kebanyakan dari Alphanumeric keyboard menggunakan tipe 101 key yang terdiri dari function keys, sebuah keypad, suatu variasi special function key dan kursor control kea ( tanda panah ). Ada juga yang terdiri dari 124 key, yang menambahkan function key tambahan dan extra unlabele key yang dapa diprogram untuk membentuk susunan user-defined keystroken (macro).
Special-Function Keyboard dirancang untuk aplikasi yang spesifk. Misalnya Cash-Register pada terminal di restoran atau supermarket, terminal Point Of Sale (POS) pada took besar (supermarket), agen tiket pesawat, dsb. Sekarang sudah ada keyboard tanpa kabel, misalnya wireless PDA keyboard, sebagai keyboard terbaik tahun 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar