Senin, 14 Februari 2011

Materi TIK Kelas 9 : Cara Memilih Sebuah ISP

  Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP, antara lain sebagai berikut.
1.    Kecepatan transfer data
Selain sebagai sumber informasi, internet merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi  yang dilakukan di internet adalah komunikais data-data (teks, suara, gambar, suara dan gambar).
        Menggunakan internet berarti mempertukarkan data-data antara dua buah computer. misalnya mengirimkan e-mail, e-mail yang kita kirim akan dikirimkan dari computer kita ke computer penerima e-mail dalam bentuk data-data. Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, kita mengirimkan permintaan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Computer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang diminta.
        Dalam perpindahan data dari satu computer di internet ke computer lain dan demikian juga sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang penting. Kecepatan transfer data dari sebuah computer server di internet ke computer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.
        Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya, banyak bit data yang dpat dipindahkan dari satu computer ke computer lain dalam satu detik. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesiamenggunakan modem berkecepatan 28,8;33,6;atau 56 kbps. Sayangnya, kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.
2.    Bandwith
Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data uang ditransfer. Bandwith dapat diibaratkan sebagai sebuah jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan. Semakin banyak kendaraan yang lewat maka semakin lambat laju kendaraan. Semakin lebar jalan raya maka semakin banyak kendaraan yang dapat dilewatkan.
        Kita perlu tahu bandwith yang dimiliki oleh sebuah ISP. Dengan demikian, kita mengetahui kemampuan ISP tersebut untuk mentransfer data. Kita juga dapat membandingkannya dengan ISP yang lain.
3.    Memiliki Server Proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sangat sering dikunjungi. Jika pelanggan mengunjungi website favoritnya,  pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server website tersebut. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwith karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.
4.    Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakkan, ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya, namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.
5.    Keamanan Data
Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP mengguna firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar