Jumat, 11 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : Pengertian Mouse




Mouse merupakan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah yang diiinginkan, anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan di layar.

Mouse adalah alat kecil dan ringan sebesar tikus yang pas dengan telapak tangan, memiliki bola kecil dibawahnya dan memiliki tombol satu, dua atau tiga, dihubungkan ke komputer multimedia dengan kabel kecil. Dengan menggeser mouse akan memutar bolanya, dan kursor akan bergerak sesuai dengan gerakan tangan. Mouse juga merupakan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah yang diiinginkan, anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan di layar.

Mouse pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart di Stanford Research Institute sekitar tahun 1960, yang kemudian dikembangkan dan diterapkan pada komputer Xeror Star. Baru pada tahun 1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa. Sekarang ketenaran dari komputer Apple Mancintosh karena pengunaan mouse ini.

Sekarang mouse sudah ada yang tanpa kabel, misalnya mouse buatan Gyration, yaitu Ultra Cordless Optical Mouse yang dapat digunakan sampai jangkauan 25 kaki, sedangkan Ultra professional sampai 100 kaki, dengan mouse tanpa kabel, anda dapat melakukan surfing, bermain game dan mobile computing. Bahkan mouse Hunno MagicSecure 3500 mampu mengamankan PC dan file-file anda lewat fasilitas password, pengenalan sidik jari maupun kombinasinya. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasukkan administrator ID sekehendak hati dan password, kemudian membuat disket kondisi darurat yang berisikan ID dan password (dilakukan untuk antisipasi jika suatu saat ada kerusakan system). Untuk memproteksi dengan sidik jari, yaitu cukup dengan memasukkan sidik jari dan diproses sekitar 4 detik per input, satu sidik jari disensor tiga kali. Ada empat modus proteksi, yaitu menggunakan password, sidik jari, kombinasi password dan sidik jari atau pilihan antara password dan sidik jari.

Joystick adalah suatu alat seperti tongkat yang menggerakan kursor sesuai dengan arah tongkat. Joystick digunakan dalam bidang media, khusunya game.(gambar AVB TopShot Force Feedback Joystick)
Trackball adalah alat yang serupa dengan mouse, tetapi bolanya terletak diatas. Untuk menggerakkan kursor, pemakai cukup memutar (menggerakkan) bola tanpa harus memindahkan seluruh alat tersebut. Trackball tidak memerlukan bidang diatas meja.(gambar Trackball produk Air Technologies Corporation)
Trackpad adalah alat yang serupa dengan trackball, tetapi tidak menggunakan bola. Untuk menggerakkan kursor cukup dengan menggerakkan jari anda diatas pad sentuh-sensitif.(gambar keyboard bezel w/trackpad)
Trackpoint adalah alat yang fungsinya menyerupai joystick tetapi dioperasikan dengan ujung jari.( gambar trackpoint armada M700 dari Compaq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar